Wah… ternyata Korea Selatan Dulunya Negara Miskin, Loh!

392 views
Chingudeul punya handphone atau barang lain dengan merk Samsung maupun LG? Tahukah chingu darimana asal kedua brand yang telah mendunia itu? Yup, Korea Selatan. Kita semua mengakui bahwa Korea Selatan adalah salah satu negara maju di dunia. Mulai dari Kpop, perusahaan teknologi, hingga perusahaan internet. Pendapatan per kapita warganya saat ini pun lebih dari USD 20 ribu. Tapi, tahukah chingu, ternyata dulunya Korea Selatan adalah negara miskin, loh!

Dilansir dari Majalah Time, pada tahun 1960 Korea Selatan lebih miskin dari Irak, Liberia dan Zimbabwe! Hal itu disebabkan karena mereka baru saja perang dengan negara tetangganya, Korea Utara, sehingga tidak memiliki sumber daya alam. Tapi lihatlah hari ini, Korea Selatan maju pesat. Meskipun tidak memiliki sumber daya alam, mereka bekerja keras menjadi produsen barang jadi yang akhirnya digemari.
Korea Selatan adalah anggota G20 dan manufaktur terdepan di microchip, panel LCD dan mobil. Selain perusahaan teknologinya seperti Samsung dan LG yang tenar dimana-mana, perusahaan internetnya Naver Corporation juga mulai mendunia dengan layanan messaging LINE yang dikembangkan subsidary-nya di Jepang, Line Corporation.
“Sekitar 50 tahun lalu, Korsel masih pedesaan miskin. PBB mengusulkan agar mereka meniru Kenya saja agar maju. Tapi pemimpin Korsel memilih jalan sendiri. Sekarang dalam purchasing power parity, orang Korea meraih USD 33 ribu per tahun per kapita. Kenya hanya seperduapuluhnya,” tulis Rowan Callick dari The Australian.
Wah… semoga Indonesia bisa mencontoh kerja keras negri ginseng ini yah!
Source : medanbisnisdaily.com

Tags: #K-NEWS